Minggu, 11 Mei 2014

 

Artikel Marching Band
Mallet Pada Pits Instrument PDF Print E-mail
Artikel Marching Band
Written by Humas MB UII   
Monday, 18 November 2013 10:37

Mallet dahulunya merupakan sebutan untuk semua jenis stik drum, namun seiring berkembangnya zaman, penamaan “Mallet” hanya digunakan untuk beberapa macam jenis stik saja. Mallet yang ketika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti sebuah palu, benar benar memiliki struktur anatomi yang hampir mirip dengan palu, seingga di artikan secara umum sebagai stik / pemukul dengan kepala (head) yang besar. Dalam dunia front ensemble / pits instrument ada 3 macam mallet yang meyesuaikan pula dengan instrumen yang di mainkan :
Last Updated on Tuesday, 19 November 2013 14:55
Read more...
 
Glosarium Color Guard PDF Print E-mail
Artikel Marching Band
Written by Humas MB UII   
Tuesday, 05 November 2013 04:17


Dalam Color Guard, terdapat banyak istilah yang ketika di artikan dan disesuaikan ke kehidupan nyata tidak akan sinkron atau dimengerti. Berikut beberapa istilah istilah di dunia Guardline (Setidaknya bagi color guard luar negeri) :


Air Drill / Air Flag – Kondisi dimana guard bermain tanpa menggunakan alat. Namun ketika terdapat kesalahan saat bermain dengan alat dan tidak bisa menangkap saat toss biasanya teknik ini digunakan, guard akan berpura-pura menggenggam equipment mereka kemudian berjalan dan bermain kembali layaknya mereka sedang menggenggam equipment mereka (semacam emergency tips)

Air Blade – Equipment dengan bentuk sedemikian rupa yang didesain untuk menuer spin baik di udara


Blade – Bagian pedang / besi pada saber


Bolt – Pemberat dari metal / besi / emas yang biasa ditaruh di ujung tongkat flag, yang bertujuan agar guad bisa melakukan toss lebih mudah. Atau dapat pula digunakan sebagai simulasi cangkang peluru yang di tempel di sisi sisi riffle.


Crutch Tip – Karet hitam kecil di ujung tongkat flag .


Drop Spins – Spin dasar, dimana bagian silk / sutera dari flag bergerak turun, naik, turun, naik, dst. Dalam pergerakan spin / memutar.


Last Updated on Tuesday, 05 November 2013 04:25
Read more...
 
Mengenal Mouthpiece Brass PDF Print E-mail
Artikel Marching Band
Written by Humas MB UII   
Friday, 25 October 2013 09:27
Mouthpiece adalah bagian dari Instrumen Brass yang penggunaan nya ditempatkan pada bibir pemain, mouthpiece merupakan bagian terpenting yang harus ada pada alat ketika dimainkan, karena sumber suara nya berasal dari mouthpiece. Jenis mouthpiece beragam, untuk mouthpiece alat dengan suara range tinggi layaknya trumpet & melophone corongnya berukuran kecil, semakin rendah range suara dari alat semakin besar corong mouthpiece yang digunakan layaknya pada alat Baritone, Euphonium & Tuba.
Last Updated on Friday, 25 October 2013 09:52
Read more...
 
Samakah Winter Guard dengan Color Guard ? PDF Print E-mail
Artikel Marching Band
Written by Humas MB UII   
Monday, 30 September 2013 11:00
Winter Guard hampir mirip dengan Color Guard (Yang bermain bersama Drum Corps / Marching Band), namun penampilan winter guard sendiri berbeda, karena tempat mereka tampil selalu di dalam ruangan (Indoor) atau di lantai gymnastic dan ramai saat musim dingin, maka dari itu dinamakan “Winter Guard” atau Color Guard yang bermain di musim dingin (Winter) .
Begitu pula perbedaan dari musik pengiring, jika pada Color Guard musik pengiringnya berupa Musik “Live” dari pemain Brass, Battery, dan Pits Instrument, maka Winter Guard menggantikan musik marching band dengan rekaman musik dengan berbagai genre. Sehingga lebih terkesan sebagai grup penari namun mengadopsi sistem color guard dengan menggunakan equipment dan aksesoris tipikal Color Guard.
Last Updated on Friday, 04 October 2013 09:53
Read more...
 
All About “Snare Drums” PDF Print E-mail
Artikel Marching Band
Written by Humas MB UII   
Friday, 27 September 2013 02:52
A. Sejarah Drum Bersenar (Snare Drum)
Dari beberapa sumber yang berlainan, sejarah “Snare Drum” (Drum Bersenar) pertama kali ditemukan pada abad pertengahan tahun 1300 di Eropa . Nama alat yang menjadi perintisnya sewaktu itu adalah Tabor (baca: Tey-bur), yang merupakan tipe Double-head drum yang memiliki seutas senar di bagian tengah yang dinamai Tabor juga. Alat ini biasanya di mainkan sebagai pengiring pemain flute tradisional di Eropa. Bahkan tradisi ini masih berlanjut hingga sekarang.
Sementara berselang satu abad setelah itu, yaitu diperkirakan antara tahun 1400-1500an , muncul tipe snare yang mulai menyerupai bentuk sekarang, pada masa itu snare digunakan oleh sebagian besar pasukan pengiring baris-berbaris militer, pasukan penyambut tamu, dan sebagai penanda dalam suatu acara. Namun bentuk dan pemakaian snare waktu itu masih terbatas yaitu baru ada snare dengan tipe low tension dan carrier berupa sabuk yang di lingkarkan ke bahu sang pemain, dan dengan berat alat yang tidak seringan sekarang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar